Budidaya Lengkeng Pemeliharaan Sampai Panen Yang Menggiurkan

Budidaya lengkeng pemeliharaan sampai panen yang menggiurkan

Budidaya lengkeng pemeliharaan sampai panen yang menggiurkan, sangat mudah. Lengkeng adalah buah yang berasa manis dan banyak di sukai orang. Buah lengkeng sangat disukai oleh petani karena harganya yang mahal.

Lengkeng mudah di budidayakan dan mudah berbuah, kalau di rawat secara intensif. Buah lengkeng sekarang sudah banyak yang di tanam di dalam pot. Dan menghasilkan buah yang sama yang di tanam di kebun.

Namun masalah yang timbul saat kita menanam lengkeng adalah tumbuhan tidak bisa berbuah atau hanya berbuah sedikit dan tanaman menjulang tinggi ke atas. Kita akan membahas bagaimana lengkeng tidak menjulang tinggi keatas dan lengkeng berbuah lebat. Agar lengkeng berbuah lebat dan berbuah terus tanpa mengenal musim, maka akan saya bahas satu persatu termasuk hal-hal mengenai buah lengkeng ini.

  1. Asal-usul

Budidaya lengkeng pemeliharaan sampai panen yang menggiurkan dai lengkeng ini sangat mudah. Kita tengok dulu asal usul lengkeng.  Lengkeng (Euphoria langan) atau yang kini dikenal dengan Dimocarpus longan Lour mempunyai banyak nama sinonim. Tanaman ini diduga berasal dari Myanmar, kemudian menyebar ke Cina Selatan, Taiwan dan Thailand Utara. Namun jenis-jenis liar banyak ditemukan di Kalimantan Timur dengan nama buku ihaw, medaru, kakus atau mata kucing (Euphoria malesianus).

Tanaman yang dekat sekali dengan famili lengkeng adalah leci atau Lichi (Dimocarpuslitchi Lour atau Litchi chinensis Sonn. Yang tumbuh di dataran tinggi) dan matoa Pometiapinnata). Buah lengkeng berbeda dengan buah leci karena buah lengkeng berkulit halus.

Di Indonesia  https://id.wikipedia.org/wiki/Lengkeng lengkeng terdapat di sekitar Temanggung dan Mage!ang. Sementara itu, leci terdapat di Bali. Matoa merupakan Tanaman khusus Papua yang buahnya sebesar telur ayam kate, kulit keras licin rapuh, berwarna kecokelatan seperti Iengkeng, dan rasanya manis sekali. Matoa tumbuh cepat dengan daun lebar dan panjang serta berurat kasar.

Tips Budidaya Lengkeng Pemeliharaan Sampai Panen Yang Menggiurkan!

  1. Sifat botani

Lengkeng merupakan tanaman hutan yang tingginya dapat mencapai 40 m. Tanaman ini baik untuk mencegah erosi lereng. Dan juga bisa di budidayakan  kemudian bisa mendapatkan hasil yang menggiurkan.

Budidaya lengkeng pemeliharaan sampai panen yang menggiurkan

Baca Ini Ya :  https://bobisanjaya.wordpress.com/2017/02/18/budidaya-buah-mangga-pemeliharaan-dan-panen-yang-meraup-untung/

  1. Daun dan batang

Habitusnya sangat menarik, bentuk kanopi seperti payung. Berdaun rimbun, mirip daun rambutan kapulasan, yakni ; berukuran kecil, panjang (dengan ujung meruncing), dan berwarna hijau gelap. Batangnya bercabang banyak, arah cabang mendatar dan rapat.

  1. Bunga

Bunga berumah dua, tetapi ada pula yang berumah satu (hermafrodit) Tanamanjantan hanya mempunyai benang sari (staminate) saja tanpa menunjukkan adanya putik (pistil).

Selain itu budidaya lengkeng pemeliharaan sampai panen yang menggiurkan ini sangat mudah apabila di rawat secara intens.  Pada tanaman yang berbunga sempurna (hermafrodit) ada yang bersifat betina (organ jantan/stamen dengan tepung sari tidak berfungsi) dan bersifat jantan (putik/pistil tidak berfungsi). Namun pada tanaman berumah satu (monoecius) lainnya, kedua kelamin bunga (pistil dan stamen) berfungsi normal.

Budidaya lengkeng pemeliharaan sampai panen yang menggiurkan

Simak Ini Ya :  https://bobisanjaya.wordpress.com/2017/02/12/budidaya-buah-anggur-sebagai-tambahan-penghasilan-keluarga/

Bunga tersebut umumnya terdapat dalam tandan yang keluar pada ujung-ujung cabang (ranting) dan berdiri tegak ke atas. Dengan demikian, dari luar tampak bagus di atas kanopi daun. Bunga dan buahnya beraroma harum spesifik sehingga buahnya mudah diserang kelelawar. Biasanya, bunga menyerbuk silang dengan perantaraan lebah madu, semut, dan lalat.

Petani lengkeng umumnya memanfaatkan tanah di bawah tanaman lengkeng untuk memelihara lebah madu dalam sarang (glodok) untuk diambil madunya. Tanaman lengkeng bisa di budidayakan dan di pelihara sampai panen yang menggiurkan. Tanaman berbunga setahun sekali, biasanya pada bulan Agustus–Oktober. Buah matang empat bulan setelah bunga mekar.

  1. Buah

Bentuk buah umumnya bulat hingga lonjong dan berwarna hijau. Setelah matang (tua), buah berwarna kecoklatan. Bijinya satu, bulat, dan berwarna kehitaman. Biji tidak dapat di simpan lama karena cepat berkecambah setelah dilepas dari dagingnya. Daging buah terasa manis sekali dan harum.

  1. Akar

Tanaman lengkeng berakar tunggang dan akar samping berjumlah banyak, panjang, dan kuat.

Budidaya lengkeng pemeliharaan sampai panen yang menggiurkan

Lihat Yang Ini Juga Ya :  https://bobisanjaya.wordpress.com/2017/02/12/dengan-halaman-terbatassempit-sayuran-bisa-ditanam-dan-menghasilkan/

  1. Kegunaan

Daging lengkeng enak dimakan segar dan dapat dibuat minuman dalam kaleng (canning). Bijinya mengandung saponin yang baik untuk sampo.

Selain itu budidaya lengkeng pemeliharaan sampai panen yang menggiurkan juga bisa untuk  pencuci rambut Daunnya biasa digunakan untuk obat tradisional terhadap penyakit dalam karena mengandung quercetin.  Pohonnya dapat digunakan ­untuk kayu bakar seperti halnya pohon rambutan. Selain itu, tanaman lengkeng bermanfaat untuk taman, dan konservasi lahan yang curam. Lengkeng kurang baik untuk pelindung jalan karena daunnya mudah gugur.

  1. Agroekologi

Lengkeng lebih cocok ditanam di dataran rendah antara 200–600 m dpl yang bertipe iklim basah dengan musim kering tidak lebih dari empat bulan. Air tanah antara 50 – 200cm Curah hujan1.500-3.000 mm/tahun dengan 9 – 2bulan basah dan 2 – 4 bulanKering. Sementara itu, tanaman leci lebih senang pada dataran tinggi antara 900 – 1.000 m dpl.

Suhu malam yang dingin (15 – 20o C) selama musim kemarau mendorong tanamanberbunga. Jenis tanah yang disenangi lengkeng adalah aluvial subur dengan pH 5 – 6,5, sedangkan jenis tanah yang disenangi leci adalah tanah andosol dan latosol yang subur.

Budidaya lengkeng pemeliharaan sampai panen yang menggiurkan

Simak Artikel Ini Ya :  https://bobisanjaya.wordpress.com/2017/02/12/budidaya-nangka-cara-pemeliharaan-dan-hasil-panen-yang-menguntungkan/ 

  1. Perbanyakan tanaman

Perbanyakan tanaman dilakukandengan cangkok dan okulasi. Perbanyakandengan biji tidak dianjurkan karena umur berbuahnya cukup lama (lebih dari tujuh tahun). Selain itu, bibit dari biji sering tumbuh menjadilengkeng jantan yang tidak mampu berbuah. Bibit okulasi atau cangkokan mulai berbuah pada umur empat tahun.

  1. Varietas unggul

Di Lmanggung, ada tiga kultivar lengkeng yang dibudidayakan oleh petani },ak ii batu, kopyor, dan lumut Lengkeng yang berdaging tebal adalah ‘encikeng batu. Budidaya lengkeng pemeliharaan sampai panen yang menggiurkan sangat di idamkan oleh petan, sehingga varietas unggullah yang digunakan.

Di Kalimantan Tim, Ar, Serawak, dan Sumatera Utara rasih ada jenis lengkeng yang sebenarnya  mirip dengan leci yang disebut Isau (berkulit~ hijau kekuningan) dan kakus (berkulit cokelat). Kedua jenis lengkeng ini tergolong mata kuda (Eup,hora malalensis,~ yang berdaging agak tebal dan berkulit kasar.

Budidaya lengkeng pemeliharaan sampai panen yang menggiurkan

Baca Artikel Yang Ini Juga Ya :  https://bobisanjaya.wordpress.com/2017/02/12/budidaya-buah-semangka-dan-hasil-panen-yang-menggiurkan/

Diduga lengkeng jenis tersebut mempunyai prospek pasar yang baik bla dikembangkan di daerah argroklimat yang sama dengan daerah Temanggung dan Magelang. Dl Yogyakarta, telah dikembangkan lengkeng dataran rendah dengan baik.Varietas pingpong, diamond river, dan itch merupakan lengkeng pendek dan berumur genjah.

  1. Budi daya tanaman

Lengkeng ditanam pada jarak tanam 8 m x 10 m atau 10 m x 10 m dalam lubang tanam berukuran 60 cm x 60 cm x 5C cm. Setiap lubang diberi pupuk kandang yang telah matang sebanyak 20 kg.

Pupuk buatan yang diberikan sebanyak 100-300 g urea, 300-800 g TSP (400-1.000 kg SP-36), dan 100-300 g KCIuntuk setiap tanaman. Pupuk diberikan tiga kali dalam selang tiga bulan. Setelah panen buah, pemberian pupuk cukup sekali sebanyak 300 g urea, 800 g TSP, dan 300 g KCI/pohon.

Pemeliharaan yang penting adalah pemangkasan cabang yang tidak produktif dan rantina-ranting yang menutup kanopi. Dengan demikian, sinar matahari dapat masuk merata ke seluruhbagian cabang.  Tumbuhan parasite (benalu) harus    cepat di buang. Dengan demikian hasil lengkeng akan banyak panen berlimpah serta menggiurkan para petani.

Tanaman lengkeng termasuk mudah tumbuh, tetapi sukar berbunga. Oleh karena Itu, diperlukan stimulasi pembungaan dengan jalan mengikat kencang, batang yang berada satu meter di atas permukaan tanah. Batang dililit melingkar sebanyak 2 – 3 kali dengan kawat baja.

Tanaman mulai berbunga pada umur 4 – 6 tahun. Biasanya, tanaman ini berbunga pada bulan Juli – Oktober. Buah menjadi matang Kira-kira lima bulan setelah bunga mekar.

Selain itu, Cara perawatan dan pemeliharaan lengkeng adalah sebagai berikut :

  1. Pemangkasan

Pemangkasan sebaiknya di lakukan pada waktu saat muncul pertama tajuk.tajuk harus di potong agar nantinya pohon menjadi rindang,buah banyak dan tidak terlalu tinggi.

  1. Penyiraman

Penyiraman di lakukan 3 hari sekali saja.namun saat melakukan penyiraman,sampai air tumpah atau meluber keluar dari pot.

  1. Pemupukan

Jika lengkeng kita tanam dalam pot,lakukan pemupukan dengan pupuk kandang 3 bulan sekali, jika lengkeng dalam lahan tanah,pemupukan di lakukan 6 bulan sekali.

Dan juga berikan pupuk booster. Pupuk booster mempunyai kandungan potassium klorat, yang terdiri berbagai unsur seprti asam amino, KNO3, potas dengan usnsur makro maupun mikro.

Pemberian pupuk booster pada pagi hari, 1 dosis di gunakan untuk 12 cm lingkar batang, dan biarkan 4 jam sampai pupuk benar-benar terserap.

  1. Panen dan hasil

Musim panen lengkeng terjadi di bulan Januari – Februari dengan produksi 300 – 600 kg/ pohon. Lengkeng termasuk buah non-klimakterik sehingga harus dipanen matang di pohon karena tidak dapat diperam. Pemanenan dilakukan dengan alat yang dapat memotong tangkai rangkaian buah.

Alat panen, berupa gunting bertangkai panjang yang tangkainya dapat diatur dari bawah. Namun lengkeng bisa di buahkan dengan mengikuti petunjuk yang saya uraikan di atas, dengan demikian panen lengkeng sangat banyak dan menggiurkan para petani.

Tanda-tanda buah matang adalah warna kulit buah menjadi kecokelatan gelap licin, dan mengeluarkan aroma. Rasanya manis harum, sedangkan buah yang belum matang rasanya belum manis.

Demikian tadi sekilas info tentang budidaya lengkeng pemeliharaan sampai panen yang menggiurkan, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar